Upgrading Guru Al-Khairiyah Guna Menghadapi Era Digitalisasi


SELASA (26 NOVEMBER 2022)-Ketua Umum PengurusBesar (PB) Al- Khairiyah KH. Ali Mujahidin menyatakan, guru dan orang tua sangat penting untuk berkolaborasi menghadapi era digitalisasi, walaupun itu tidak mudah namun perlu dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab orang tua dan pendidik. 

"Era digitalisasi saat ini telah merubah budaya dan akhlak anak, karenanya peran guru dan orang tua harus berkolaborasi menghadapi itu," kata KH Ali Mujahidin saat membuka  acara Upgrading Guru Al-Khairiyah se Kota Cilegon di Kampus Al-Khairiyah Citangkil, Sabtu (26/11/2022).

Menurutnya kebiasaan anak menggunakan alat seperti handphone bukan lagi barang aneh namun sudah seperti teman dekat yang tidak bisa dipisahkan.
Maka dengan demikian akan lebih efektif jika anak diberi tugas mencari ilmu dengan menggunakan handphone tersebut.

"Seperti dikasih tugas mencari dan menghafal Al-Qur'an dan hadist, sejarah Islam, sejarah para nabi dan tokoh-tokoh pejuang Islam, dengan demikian diharapkan anak menggunakan alat tersebut untuk kebermanfaatan masa depannya," katanya.
Upgrading Guru tersebut digelar dalam rangka Hari Guru Nasional dan melaksanakan program kerja Ormas Islam Al-Khairiyah dalam bidang pendidikan Pengurus Besar Al-Khairiyah. 

Acara yang mengambil tema "Mengoptimalkan Nilai-nilai Adab dan Akhlak Rasulullah SAW Terhadap Generasi Al-Khairiyah itu dihadiri langsung Walikota Cilegon H. Helldy Agustian dan Wakil Ketua MPRI RI, H Yandri Susanto yang memberikan sambutan secara virtual. 

Dalam Upgrading itu, tiga narasumber didapuk untuk memberikan materi yaitu, Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon, H. Hasbi Sidik, ST.,M.Si, membawakan materi Regulasi Pendidikan Keagamaan. PB Al-Khairiyah Bidang. Pendidikan Dr. Wasehudin, M.Si, membawakan materi Kurikulum Pendidikan Al-Khairiyah dan Drs. KH. Hikmatullah Jamud, M.SI. Dewan Pakar Al-Khairiyah dengan materi Penguatan Nilai-nilai Perjuangan Al-Khairiyah. 

Ketua Pelaksana Kegiatan Upgrading Wasekjen Faizudin,  mengatakan kegiatan tersebut merupakan momentum untuk Keluarga Besar Al-Khairiyah Kota Cilegon bersilaturahmi dan menyampaikan gagasan dan ide, penguatan organisasi untuk kemajuan Al-Khairiyah yang sesuai dengan Khittahnya Pendidikan dan Dakwah

Peserta Yang Hadir Dalam Acara Upgrading

Alhamdulillah peserta Upgrading ini dihadiri kurang lebih 500 peserta utusan masing-masing Pengurus Cabang Istimewa Al-Khairiyah, mulai dari jenjang TPQ, PAUD, RA, MI, MDTA, MTs, MA Al-Khairiyah sederajat," kata Faizudin. 

"Sebelumnya kita juga sudah mengadakan kegiatan Upgrading Guru dan Dosen yang ada di Lingkungan Kampus Al-Khairiyah Citangkil yang diisi oleh Dewan Pakar Al-Khairiyah," sambung Faizudin. 

Program Upgrading tersebut akan terus berlanjut tingkatannya disetiap Dewan Pengurus Daerah Al-Khairiyah yang ada di masing - masing Kabupaten/ Kota. (Antara News)

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama