Kekuatan Do'a

                                                                Gambar : pantiyatim.or.id

Oleh : Ust. Aan Qudrotullah, M.Pd

(Dosen Universitas Al-Khairiyah)

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الِلّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

إِنَّ الْحَمْدَ لِلّٰهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللّٰهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِن سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللّٰهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ.أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُه، اللَّهُمَّ صَلِّ وَسلم وَبَارك عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإحْسَانٍ إِلىَ يَوْمِ الدِّينِ، أمَّا بَعْدُ، فَياَ عِباَدَ اللهِ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. 

قَالَ اللّٰهُ تَعَالَى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ، 

وَاِ ذْ تَاَ ذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَاَ زِيْدَنَّـكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَا بِيْ لَشَدِيْدٌ

صَدَقَ اللّٰهُ الْعَظِيمْ.


Hadirin Jama’ah Jum’at Rahimakumullah. 

Melalui mimbar yang mulia ini khotib mengajak khususnya pada diri khotib sendiri, dan para jama’ah sekalian Marilah senantiasa kita tingkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan sebenar benarnya taqwa. Mengerjakan dan mentaati segala perintah-Nya dengan penuh rasa ikhlas dan menjauhi serta meningalkan segala larangannya.

Tiada kata dan kalimat yang paling indah, selain dari ungkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT. Alhamdulillahi robbil 'aalamin atas limpahan rahmat dan kasih sayang-Nya pada hari yang berbahagia ini, hari yang mulia, penghulu segala hari yaitu hari Jum'at, kita masih diberikan oleh Allah Waktu luang yang kita gunakan untuk beribadah kepada -Nya, sehingga kita dapat memenuhi panggilan-Nya, salah satu perintah wajib yaitu shalat jum'ah berjamaah.

Sholawat dan salam tetap tercurahkan kepada Junjungan Nabi besar Nabi Muhammad saw, beserta keluarganya, sahabatnya dan kepada keluarga besar kita yg selalu menantikan syafaat diyaumil kiyamah nanti.

Aamiin yarobbal 'alsmin.


Hadirin Jama’ah Jum’at Rahimakumullah.

Khotbah kali ini mengambil judul : Kekuatan Do'a.

Salah satu perintah dari Allah swt adalah berdoa yang berarti berdoa adalah menjalankan perintahNya, sebagaimana Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

اُدْعُوْا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَّخُفْيَةً ۗ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِيْنَ 

"Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas."

(QS. Al-A'raf 55)


Berdo'a adalah mengajukan permohonan maka sudah selayaknya diucapkan dengan ucapan yg lembut.

Berdoa merupakan bagian yang sangat penting dalam Islam, sehingga dalam bentuk-bentuk kegiatan ritual keagamaan kedudukan dan fungsi do'a menempati urutan yang sangat penting. Bahkan tidak ada acara penting yang didalamnya tidak ada do'a.

Allah berfirman :

وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ .

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

( QS.Al-Baqarah 186 ).


marilah kita simak kisah seorang ibu yang mendoakan anak laki-lakinya yang berumur 22 tahun.

Ibu ini bercerita sbb :

Sejak kelahiran anakku itu aku hidup dalam penderitaan.

Dia tak pernah sholat dan bahkan jarang mandi ,dia sering berdebat panjang denganku,dan tak menghormatiku, walaupun sudah sering aku mendoakannya

Dan akhirnya kuputuskan untuk mencoba mendoakan terus. 

Setelah seminggu dua minggu,sebulan dua bulan,setahun dua tahun dan seiring berjalannya waktu dengan kesabaran dan doa mulai nada suara putraku kepadaku mulai melunak, dan pertama kali dalam hidupku aku tertidur dalam kedamaian. Dan kemudian kudapati putraku mandi, padahal aku tak menyuruhnya.

Akupun terus dan terus mendoakannya bahkan ia membukakan pintu untukku dan menyapaku "Apa kabar ibu?" dengan suara lembut yang tak pernah kudengar darinya sebelum itu.

Aku gembira tak terkira walaupun aku tak menunjukkan perasaanku kepadanya sama sekali. 

Dilain kesempatan kemudian aku menelpon  ponselnya, dan ia menjawabku dengan nada yang berbeda dari biasanya: "Bu, aku disamping masjid dan aku baru selesai sholat waktu ibu menelponku.

Maka akupun tak mampu menahan tangisku, bagaimana mungkin ia yang tak pernah sholat bisa mulai sholat dan dengan lembut menanyaiku apa kabar? Tak sabar aku menanti kedatangannya dan segera kutanyai sejak kapan engkau mulai sholat?

Jawabnya, Aku sendiri tak tahu Bu, waktu aku didekat masjid mendadak hatiku tergerak untuk sholat."

Sejak itu kehidupanku berubah 180 derajat, dan anakku tak pernah lagi berteriak-teriak kepadaku dan sangat menghormatiku. Tak pernah aku mengalami kebahagiaan seperti ini walaupun aku sebelumnya sering hadir di majelis-majelis zikir dan pengajian-pengajian.


Hadirin Jama’ah Jum’at Rahimakumullah.

Do'a Ibu itu bagaikan obat yang mujarap.

Karena beratnya kehidupan sehari-hari seringkali seorang ibu melupakan doa untuk anak-anaknya, sering juga dia menganggap bahwa pusat-pusat bimbingan psikologi adalah jalan lebih baik untuk perkembangan anak-anaknya.

Padahal justru do'a Ibu adalah jalan tersingkat untuk mencapai kebahagiaan anak-anaknya di dunia dan akhirat. Jangan pernah bilang: "Ah anakku masih kecil, ngapain didoakan?"

Jadi doakan mereka mulai sekarang, dan jadilah orang yang bermurah hati dengan doa-doamu untuk mereka. Allah telah mengkaruniai kita para ibu sebagai wasilah bagi anak-anak kita dalam hubungan mereka dengan Allah melalui doa-doa kita untuk mereka.

Kita bisa melakukannya kapanpun kita mau, dan kita bisa mengetuk pintuNya kapanpun kita mau dan Allah tak pernah mengantuk dan tak pernah tidur. 


Hadirin Jama’ah Jum’at Rahimakumullah.

Sebagai seorang ayahpun hendaknya jangan hanya menghabiskan waktunya untuk sibuk bekerja.

Dalam Islam, anak merupakan amanat dari Tuhan. Tanggung jawab yang diemban oleh seorang ayah yakni bisa memfasilitasi kebutuhan lahir dan batin. Termasuk dengan memberi pendidikan agama dan senantiasa memohon pertolongan dari Sang Pencipta.

Sebagai orangtua tentu berharap memiliki anak yang saleh dan salehah, serta bermanfaat bagi orang lain. Melalui doa, ayah bisa menuangkan segala harapan dan kemudahan untuk menggapai hal tersebut.

Selain memanjatkan doa seorang ayah untuk anaknya, alangkah baiknya  Bekali anak-anak Anda dengan doa terbaik supaya mereka bisa tumbuh dalam indahnya iman dan islam.


Hadirin Jama’ah Jum’at Rahimakumullah.

Kesimpulan dari khotbah ini bahwa berdoa dan mendoakan anak anak kita itu pennting tidak sekedar memberikan fasilitas kepada anaknya.

Selain itu tidak kalah pentingnya memberikan pendidikan keagamaan serta memberikan contoh perilaku dan tauladan bagi sang anak.

Semoga kita termasuk orang tua yang senantiasa mendoakan anaknya.

Amiin yarobbal 'alami.

بَارَكَ اللّٰهُ لِي وَلَكُمْ فِي القُرْأنِ العَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْ اَيَاتِ وَ ذِكْرِالْحَكِيْمِ 

وَ تَقَبَّلَ اللّٰهُ مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ

اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمِ


Khutbah II

 اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ، وَنَعُوذُ بِالِلّٰهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللّٰهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ اِلَّاللّٰه وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لَانَبِيَ بَعْدَهُ. اَللّٰهُـمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَاَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ.أَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَ الِلّٰهِ! اِتَّقُوْا اللّٰهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

قَالَ اللّٰهُ تَعاَلَى فِى كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ :  إِنَّ اللّٰهَ وَمَلَآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يَآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللّٰهُـمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلٰى مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى اِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى اٰلِ اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

اَللّٰهُـمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ.

اَللّٰهُـمَّ اِنَّانَسْأَلُكَ سَلَامَةًفِى الدِّيْنِ، وَعَافِيَةًفِى الْجَسَدِوَزِيَادَةًفِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةًفِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةَقَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةًعِنْدَالْمَوْتِ وَمَغْفِرَةًبَعْدَالْمَوْتِ،اَللّٰهُـمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِيْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ، وَنَجَاةًمِنَ النَّارِوَالْعَفْوَعِنْدَالْحِسَابِ.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَاتَنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا.

رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً  وَفِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

عِبَادَالِلّٰهِ ! إِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَالْمُنْكَرِ وَاْلبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللّٰهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ الِلّٰهِ اَكْبَرْ.


            

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama