PENDIDIKAN YANG BAIK

 


Oleh: Achmad Nasrullah, S.Pd., M.Ak., CT.NNLP

(Dosen, Konselor, dan Praktisi Pendidikan)

 Pendidikan yang baik adalah Pendidikan yang dapat mewujudkan visi dan misi penciptaan manusia. Keinginan orang tua adalah dapat memberikan pendidikan yang baik bagi putra-putrinya. Pendidikan yang baik itu tergantung pada sudut pandang setiap orang tua. Sebagian orang tua memiliki pandangan bahwa pendidikan yang baik itu dapat membawa putra-putrinya memperoleh pekerjaan yang layak. Sebagian lainnya, menganggap pendidikan yang baik itu mengantarkan putra-putrinya pada ketenaran. Semua itu tergantung keinginan orang tua dalam mendidik putra-putrinya. Bagaimana mendapatkan Pendidikan yang baik? Seperti apa pendidikan yang baik itu?

Pendidikan harus mampu menyukseskan visi dan misi hidup manusia. Pendidikan yang mampu membawa anak-anak kita menjadi generasi yang kuat, bukan yang lemah. Pandangan Pendidikan tersebut akan menentukan visi misi institusi yang kemudian akan menentukan juga kurikulum dan proses Pendidikan. Kurikulum dan proses Pendidikan pada akhirnya akan menentukan kompetensi dan karakter lulusan yang dihasilkan.

Manusia diciptakan Allah SWT sebagai ‘Abdillah, manusia diciptakan untuk beribadah kepada Allah SWT, intinya taat kepada-Nya. Sebagai Khalifatullah, manusia diciptakan dengan membawa misi memakmurkan bumi. Pendidikan Islami itu untuk mencapai visi misi hidup hakiki.

Visi Pendidikan Islam itu dalam rangka mewujudkan manusia menjadi ‘Abdillah dan Khalifatullah. Sedangkan, misi hidup manusia yakni beribadah (beriman dan taat pada Syariat-Nya) serta dapat memakmurkan bumi (penerapan saintek dan syariah untuk rahmatan lil ‘alamin). Hal tersebut dapat diwujudkan dengan menerapkan Pendidikan dan pembinaan yang berupa pembentukan syakhsiyyah Islamiyah dan penguasaan saintek dan tsaqafah Islamiyyah.

Pendidikan Islam adalah Pendidikan yang baik. Pendidikan yang berupaya dengan sadar, terstruktur, dan terprogram sistematis untuk membentuk manusia yang:

1.      Berkepribadian Islam;

2.      Menguasai tsaqafah Islam;

3.      Menguasai ilmu kehidupan dan keahlian yang memadai

Dengan kurikulum paradigmatik, dilaksanakan oleh tenaga Pendidikan berkualitas, dalam suasana mengajar belajar dan budaya yang Islami, didukung oleh keluarga dan masyarakat. Dengan demikian akan tercipta Pendidikan yang terpadu dalam bingkai struktur kurikulum dan proses Pendidikan (Pembentukan Syakhsiyyah Islam, Penguasaan Tsaqafah Islam, dan Penguasaan Ilmu Kehidupan, yakni saintek dan keahlian). (AN)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama