Anjuran Berprasangka Baik

 

Setiap mukmin harus berbaik sangka terhadap sesamanya muslim, ini merupakan sebuah kewajiban. Sebagai contoh adalah hadis yang bercerita tentang Ibnu Abbas yang mendatangi Umar bin al-Khattab pada saat sakratul maut untuk mengingatkan Umar akan kedudukan dan martabatnya di sisi Nabi saw agar Umar wafat dalam keadaan berbaik sangka kepada Allah.

Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa ketika Umar dibaringkan di tempat tidurnya, banyak sahabat yang berada di sekelilingnya untuk shalat dan berdoa, termasuk Ibnu Abbas, pada saat itu tidak ada yang lebih mengejutkan Ibnu Abbas kecuali seseorang yang memegang pundaknya. Ketika Ibn Abbas menoleh, tenyata ia adalah Ali bin Abi Thalib yang berduka cita atas wafatnya Umar.

Ali berkata: “Tidak seorang pun yang lebih aku sukai dengan amalnya untuk bertemu Allah kecuali dirimu, wahai Umar. Aku bersumpah kepada Allah, sungguh aku berprasangka baik bahwa Allah menjadikanmu bersama kedua temanmu, yaitu Nabi Muhammad saw dan Abu Bakar. Aku sering mendengar Rasulullah bersabda: Aku pergi bersama Abu Bakar dan Umar, Aku masuk bersama Abu Bakar dan Umar, dan aku keluar pula bersama Abu Bakar dan Umar. (HR. Bukhari)

Apa yang diucapkan oleh Ali bin Abi Thalib itu adalah pernyataan yang menunjukkan prsangka baik beliau terhadap Umar bin al-Khaththab. Itu adalah pernyataan seorang sahabat terhadap sahabatnya yang lain. Kita tahu bahwa Ali bin Abi Thalib adalah orang yang pertama sekali dari kalangan anak muda yang menyatakan keimanannya kepada Nabi Muhammad saw. Abu Bakar adalah orang yang pertama masuk Islam dari kalangan orang dewasa. Khadijah, isteri Rasulullah adalah orang pertama dari kalangan perempuan yang menyatakan keimananya kepada nabi Muhammad. Umar ibn al-Khattab, walau bukan belakangan menyatakan masuk Islam, tetapi beliau sahabat yang sangat keras dan gigih menyebarkan agama Islam. Sampai-sampai beliau digelar sebagai „Singa Padang Pasir.“

Begitu besarnya prasangka baik Ali Ibn Abi Thalib, sampai beliau bersumpah atas nama Allah untuk menyatakan hal itu. Itulah tanda persahabatan yang baik di antara para sahabat ketika itu.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama