Siapa Yang Menampakkan Kecukupan Dia Akan Membuatnya Kaya


Rasulullah SAW bersabda :

وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ

Dan siapa yg menampakkan kecukupan niscaya Allah SWT akan membuatnya kaya (HR Bukhari & Muslim).

Kaya bukanlah diukur dengan banyaknya kemewahan dunia, tapi kaya adalah hati yang selalu merasa cukup.

Sabdanya yangg lain :

لَيْسَ الْغِنٰی مِنْ كَثْرَةِ الْعَرَضِ، وَاِنَّمَا الْغِنٰی غِنَ النَّفْسِ

Kaya itu bukanlah dengan banyaknya harta, tetapi kaya itu adalah kaya jiwa (HR Bukhari & Muslim).

Jika hati kita telah diperbudak oleh harta benda, wanita, maka inilah adzab yang tidak dapat dihindari dan itulah manusia yang paling keras mendapat adzabnya dan paling sedikit pahalanya. Sebab jika hati seseorang sudah terpaut oleh harta, maka berkumpullah sgala keburukan yang tidak dapat dihitungnya kecuali oleh Allah SWT, meskipun ia tidak melakukan dosa2 besar, tapi jika ia terus menerus melakukan dosa2 kecil sehingga hatinya terpaut olehnya, maka hal itu lebih berbahaya.

Seorang hamba akan terus menerus merasa tak cukup manakala terlalu mengutamakan harta benda dalam hidupnya. Hidup akan terus dirundung ketidak tenangan dan tidak mampu menghargai apa yg diraih dengan cara yg halal. Dan bahkan org demikian akan berpeluang mengambil yang bukan haknya, tapi tidak demikian bagi orang-orang yang kaya hati.

Orang yang kaya hati akan cenderung merasa cukup yg mampu diperoleh secara halal dalam hidupnya, dengan merasa cukup akan mampu bersyukur dengan segala pemberian Allah SWT. Dari situlah muncul kenikmatan yg luar biasa, apa lagi dlm Al Qur'an, Allah SWT telah berjanji akan menambah kenikmatan bagi hambaNya yg mau bersyukur.

Hidup adalah pilihan, terserah mau memilih yg mana : kaya hati atau miskin hati, tapi kita dianjurkan untuk mengajak diri belajar menjadi orang yang kaya hati agar bahagia hidup di dunia dan akhirat.

Rasulullah SAW biasa membaca doa :

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَسْالُكَ الْهُدٰی وَالتُّقٰی وَالْعَفَافَ وَالْغِنٰی

Ya Allah, aku meminta padamu petunjuk, diberikan sifat ketakwaan, sifat menjauhkan/menahan diri dari sifat yg tidak diperbolehkan, dan sifat hati yg selalu merasa cukup.

Milikilah sifat kaya hati dan qonaah, kaya hati yg selalu merasa cukup dengan apa yg Allah SWT berikan, menganugerahkan kepada kita sekalian sifat yg mulia ini.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama