Hasad (Dengki)

Mengutip kitab Minhajul Abidin: Jalan Ahli Ibadah karangan Imam Al-Ghazali, sifat hasad dapat menimbulkan empat macam kerusakan, di antaranya:

1. Merusak Taat

Sifat hasad dapat merusak ketaatan dan ibadah seseorang. Sebagaimana disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW:

“Hasad itu memakan pahala kebaikan, seperti api makan kayu bakar.”

2. Menjadikan LemahS

eseorang yang terjangkit penyakit hati hasad akan menjadi lemah dan kebingungan yang tidak bermanfaat, bahkan menimbulkan dosa maksiat.

Seperti yang dikatakan oleh Ibnu Samma’ra, bahwa keadaan orang zhalim dan hasad itu adalah sama. Mereka mempunyai napas yang berlarut-larut, otak kosong dan hampa, serta kesusahan terus-menerus.

3. Buta Hati

Sifat hasad dapat membuat umat Islam buta hati. Sehingga tidak mampu memahami satu hukum pun dari sekian banyak hukum Allah.

4. Terhalangnya Kebaikan

Hasad dapat menyebabkan terhalangnya kebaikan. Seseorang yang memiliki sifat hasad tidak akan mendapatkan taufik dan tidak mampu mencapai segala yang menjadi kebutuhannya.

“Orang dengki bukan ahli agana, dan orang yang suka mencela tidak termasuk ahli ibadah. Orang yang suka mengadu domba tidak boleh dipercaya, dan orang hasad termasuk golongan yang tidak perlu mendapatkan pertolongan,” (Hatim Al-Asham murid Syekh Syaqiq al-Balkhy).


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama