Lembaga Falakiyah Al-Khairiyah Turut Serta Dalam Sidang Isbat Penentuan 1 Syawwal 1444 H di Kementerian Agama RI

Jakarta, Suara Al-Khairiyah- Lembaga Falakiyah PB Al-Khairiyah menghadiri undangan Sidang Isbat penentuan awal 1 Syawwal 1444 H, dilaksanakan di Auditorium H.M. Rasjidi Kementerian Agama lantai G, Jl. H.M. Thamrin No. 6 Jakarta, pada Kamis, (20/4/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Sidang Isbat diikuti oleh Lembaga Falakiyah PB Al-Khairiyah dan ormas-ormas Islam seperti PP Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, Al-Washliyah, Al-Irsyad, LDII, dan ormas Islam lainnya. Hadir juga pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI), perwakilan Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), duta besar negara-negara luar negeri, hingga ormas Islam. 

Sidang Isbat kali ini, pemerintah telah mendapatkan laporan di 75 titik lokasi rukyatul hilal di seluruh Indonesia. Sidang didahului dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal yang disampaikan oleh Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama (Kemenag).

Dalam hal ini Pemerintah mengumumkan hasil Sidang Isbat penentuan awal 1 Syawwal 1444 Hijriah/2023 Masehi. Berdasarkan hasil sidang, pemerintah menetapkan 1 Syawwal 1444 H pada hari Sabtu (22/4/2023).

"Bahwa 1 Syawal tahun 1444 H jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023 M," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan konferensi pers Kementerian Agama, Jakarta, Kamis, (20/4/2023).

Sidang isbat juga mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

"Alhamdulillah Lembaga Falakiyah Al-Khairiyah bisa menghadiri acara sidang Isbat Kementerian Agama tahun 2023, ini salah satu bukti bahwa lembaga Falakiyah Al-Khairiyah merupakan lembaga yang diakui oleh pemerintah," kata Achmad Nasrullah Sekretaris Lembaga Falakiyah PB Al-Khairiyah.

Menurut dia Lembaga Falakiyah PB Al-Khairiyah memiliki metode tersendiri dan lembaga Falakiyah Al-Khairiyah sudah menetapkan 1 Syawwal 1444 H jatuh pada hari Jum'at, 21 April 2023.

"Semoga kedepannya Islam bersatu dalam menentukan awal Ramadhan dan awal Syawwal di seluruh dunia bukan hanya Indonesia," imbuhnya.

Sidang isbat tertutup penentuan 1 Syawwal 1444 H ditutup dengan dibacakan doa oleh Ustadz Endang Mintarja Majlis Tarjih PP Muhammadiyah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama