Latihan Dasar Kepemimpinan Peserta Didik /LDPD SMK Al-Khairiyah 2 Jakarta Utara tahun 2023

 Jakarta-,Latihan Dasar Kepemimpinan Peserta Didik /LDPD merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh peserta didik kelas X (sepuluh) SMK Al-Khairiyah 2 Jakarta Utara. Untuk tahun ini 2023, LDKPD dilaksanakan di Kampung Jawa Sentul – Bogor Jawa Barat. Pada tanggal 23, 24 dan 25 November 2023. Dilaksanakan secara gabungan seperti tahun sebelumnya antara SMK Al-Khairiyah 2 dan SMK Lagoa Jakarta Utara.



Menurut Kepala Sekolah SMK Al-Khairiyah 2, Ahmad Husen Khaeroni, ST, “Pentingnya LDKPD sebagai pembekalan khusus peserta didik di kelas X (sepuluh), mengingat di kelas ini peserta didik masih individualis, belum membaur betul dengan temen-temen sekelasnya dan guru-guru di sekolah” akibatnya terjadi pelambatan komunikasi dan kurangnya empati sesame peserta didik.

Selanjutnya Ahmad Husen Khaeroni berharap “agar kegiatan LDKPD ini bisa merubah sikap dan prilakunya menjadi lebih baik lagi, lebih santun dan memberikan manfaat pada peserta didik.” Imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut H. Khaerul Anam, selaku Wakli Kepala Sekolah bidang kurikulum menyampaikan, “LDKPD merupakan kegiatan dasar kepemimpinan yang melatih peserta didik agar bisa berorganisasi, kerja sama dan mandiri. Disini peserta didik betul-betul digembleng, diuji mental dan spiritual juga kegiatan keagamaan.



Pesan Khaerul Anam pada LDKPD ini, peserta didik SMK Al-Khairiyah 2 Koja Jakarta Utara dapat mengamalkan kegiatan keagamaan khususnya ibadah terutama sholat 5 waktu  dan dapat mengimplementasikan LDKPD ini dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, di sekolah atau di masyarakat.” Ungkapnya.

Masitah, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan yang dalam hal ini ketua panitia LDKPD mengatakan, ” jumlah peserta 70 orang terdiri dari SMK Al-Khairiyah 2 berjumlah 40 orang dan dari SMK Lagoa ada 30 orang. Menurut Masitah peserta LDKS tahun ini menurun, ini dikarenakan jumlah siswa di kelas X tidak sebanyak tahun lalu. Masitah berharap LDKPD tahun depan pesertanya bertambah, karena insyalloh tahun depan punya jurusan baru/bidang keahlian pada SMK Al-Khairiyah 2, yaitu Bidang Keahlian Kesehatan, Jurusan Asisten Keperawatan.” Ungkap Masitah.

Semoga kegiatan LDKPD ini memberikan manfaat dan pengalaman terutama pada peserta didik agar dapat lebih mandiri, lebih dewasa, lebih bertanggungjawab dan memiliki ketahanmalangan serta berakhlak mulia. (kh.a)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama