Pemimpin


"Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Salam Bersabda, yang artinya “ Setiap orang adalah pemimpin dan masing-masing kalian akan dimintai pertanggung jawaban atas kepemimpinannnya" (HR. Shohih Bukhori).

Kekuasaan di dalam Islam adalah tanggung jawab dan hakikatnya kepemimpinan adalah amanat, titipan, kepercayaan dari Allah Yang Maha Kuasa kepada hamba-hamba-Nya yang dikehendakinya. Dalam perspektif spiritual Islam, kepemimpinan Islam dimaknai sebagai kemampuan melaksanakan perintah dan meninggalkan larangan Alloh Subhanahu Wa Taala sehingga terciptanya masyarakat Madani yang hidup damai antara sesama muslim dan non muslim.

Pemimpin yang baik berawal dari niat yang baik pula, sebagaimana sabda Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Salam, yang artinya “ Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. (HR. Shohih Bukhari, Muslim)”

Allah Subhanahu Wa Taala telah menjelaskan peran seorang Pemimpin Umat yang baik dalam membimbing umat Islam didalam Al Quran. Perhatikanlah beberapa ayat dan hadist tentang Kepemimpinan berikut ini, yang artinya “Dan Kami menjadikan mereka itu sebagai pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami dan Kami wahyukan kepada mereka agar melakukan kebaikan, melaksanakan shalat, menunaikan zakat dan hanya kepada Kami yang mereka sembah". (QS. Anbiya : 73)

(Simak penjelasan selanjutnya mengenai kepemimpinan yang akan dimuat di Suara Al-Khairiyah)



KH. Ali Mujahidin Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Al-Khairiyah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama